Cult Auteur Larry Fessenden di Until Dawn, True Detective, dan Film Werewolf Barunya

Jika Anda penggemar horor indie, kemungkinan besar Anda sudah familiar dengan karya tersebut Larry Fessenden—keduanya sebagai sutradara (Kebiasaan, Musim Dingin TerakhirDi bawah) dan seorang aktor (Sesi 9Anda selanjutnya, Istri YakubOrang Mati Tidak Mati). Film terbarunya, kisah manusia serigala Pemadaman listriktiba hari ini, dan io9 mendapat kesempatan untuk menanyakan semua tentang rilisan barunya, serta kariernya hingga saat ini.

Berikut ini adalah versi wawancara kami yang telah diedit dan diringkas.


Cheryl Eddy, io9: Itu musim terbaru Detektif sejati, Negara Malam, langsung membuatku teringat film tahun 2006-mu Musim Dingin Terakhir. Apakah Anda kebetulan menontonnya?

Larry Fessenden: Saya menonton pertunjukannya, dan saya cukup menikmatinya. Saya suka film bersalju. Jodie [Foster] luar biasa. Dan sebenarnya, saya menyukai lawan mainnya [Kali Reis] bahkan lebih. Jadi, saya sangat menyukainya. Dan ya, saya benar-benar terkejut Musim Dingin Terakhir atmosfer. Dan beberapa orang, seperti beberapa teman, menulis surat kepada saya [about the similarities]dan bahkan ada beberapa daftar yang mereka buat di internet yang mengatakan, “jika Anda mau Detektif sejati, kamu harus menonton film aneh yang belum pernah didengar siapa pun.” Saya tidak menuduh siapa pun menipu saya, tapi menyenangkan melihat suasana itu. Saya sangat menikmati bagian itu.

io9: Sampai subuhgame horor interaktif yang sangat populer yang Anda tulis bersama, sedang dibuat menjadi film fitur oleh David F. Sandberg dan Gary Dauberman. Apakah Anda terlibat sama sekali? Apa harapan Anda terhadap adaptasi layar lebarnya?

Fesenden: Ya, ini menjadi teka-teki karena tentu saja keindahannya Sampai subuh apakah itu dirancang seperti film, tetapi fakta bahwa Anda memiliki titik pilihan bercabang menjadikannya meta dengan cara yang berbeda. Jadi saya sebenarnya penasaran untuk melihat seberapa tradisional cerita mereka. Maksud saya, Anda cukup menceritakan satu versi ceritanya dan itu saja. Dan semoga karakternya digambar dengan baik dan orang-orang akan menikmatinya. Namun, sebenarnya, Graham dan saya—Graham Reznick adalah rekan penulis saya—menurut saya, kami telah mempromosikannya lima atau tujuh tahun yang lalu hingga mencapai peringkat teratas di Sony. Dan menurut saya ide kami mungkin terlalu mengejutkan bagi mereka; kami mencoba bersandar pada fakta bahwa ini sudah merupakan video game, dan saya tidak dapat mengingatnya—Graham lebih pintar dari saya, dia ingat—tetapi itu terlalu eksentrik bagi mereka. Saya rasa sebaiknya saya diminta untuk memainkan karakter yang saya mainkan di game tersebut karena hanya berjalan-jalan saja. Itu tidak masalah. Mereka mungkin tidak bisa mendapatkan bintang film, jadi mengapa tidak merekrut saya?

Gambar: Film Langit Gelap/Pix Mata Kaca

io9: Omong-omong—kamu hampir sama terkenalnya karena peran aktingmu dan juga sebagai sutradara, dan kamu memiliki karir yang sama panjangnya di kedua bidang tersebut. Apakah Anda memiliki preferensi di antara keduanya? Saat Anda mengambil peran akting akhir-akhir ini, apa yang membuat Anda tertarik pada sebuah proyek atau karakter?

Fesenden: Yah, saya tidak punya agen atau apa pun. Kadang-kadang aku ikut audisi, tapi kebanyakan, itu datang begitu saja sesuai keinginanku. Saya selalu membaca [about] bintang film sungguhan membicarakan film yang mereka tolak—yang lucu karena, maksud saya, tidak banyak yang ingin saya tolak, jadi saya hanya melakukan apa yang saya inginkan. Itu adalah gaji. Ini cara yang bagus untuk berada di lokasi syuting orang lain. Seringkali saya mengenal sutradara atau saya ingin mendukung seseorang. Banyak di antaranya yang merupakan cameo, tapi terkadang saya mendapatkan bagian yang lebih besar, dan itu sangat bagus. Saya berakting dengan Barbara Crampton dalam film karya Travis Stevens [Jakob’s Wife], dan itu menyenangkan. Dan, yang terkenal, saya ada di film Scorsese [Killers of the Flower Moon], yang tentu saja sangat menyenangkan. Itu benar-benar pengalaman hidup yang penting berada di lokasi syutingnya. Jadi, ini cara yang bagus untuk terlibat dalam sebuah film. Saya tidak bisa berkomitmen untuk itu [acting] sebagai karier, tapi saya melakukan cukup banyak hal. Saya adalah seorang aktor ketika saya masih muda, dan itulah yang saya pikir ingin saya lakukan. Tapi kemudian saya diserang oleh bug dalam pembuatan film, dan saya ingin melakukan hal lain di lokasi syuting juga.

io9: Anda mendirikan perusahaan produksi Anda pada tahun 1980an. Bagaimana rasanya berselancar di gelombang pembuatan film indie selama beberapa dekade setelahnya? Apa tantangan terbesar yang dihadapi pembuat film independen pada tahun 2024 yang unik pada masa-masa tertentu?

Fesenden: Tentu saja ini adalah pendanaan dan distribusi—bahkan jika Anda berhasil mendapatkan uang dari dokter gigi untuk membuat film kecil, dan Anda berhasil, Anda hanyalah salah satu dari banyak film yang berkat revolusi digital. Banyak orang yang bisa membuat filmnya sendiri, dan Tuhan menyukainya, dengan harga 100 ribu atau kurang atau sedikit lebih—tingkat anggaran telah turun dan itu sulit. Bahkan film yang saya produksi 20 tahun lalu, ada sedikit uang lebih, hanya untuk gaji. Semua hal yang saya coba lakukan adalah membuatnya berkelanjutan untuk menjadi bapak atau pegangan, tapi yang menyedihkan adalah saya menjaga anggaran saya sangat rendah sehingga saya benar-benar memangsa niat baik mereka. Itu sebabnya saya menggunakan anak-anak; Saya bekerja dengan orang-orang muda karena mereka masih mempelajari keahlian mereka dan mereka lapar serta idealis. Itulah saat yang tepat ketika Anda ingin bertemu seseorang yang mencoba menjadi seniman atau dalam bidang seni dalam beberapa hal.

Jadi, ya, [to keep answering your question]: distribusi [today] sangat sulit. Mereka tidak lagi membayar film Anda. Anda tidak mendapatkan jaminan minimum. Dan streaming tidak benar-benar melaporkan angka-angka tersebut secara akurat atau adil. [It’s] seperti Anda hanya menjadi sukarelawan, seolah-olah Anda membuat sepatu dan Anda baru saja membuat sepatu itu dan memberikannya. Semuanya sungguh menyimpang. Dan itu karena streaming. Begitulah cara industri ini dibangun sekarang dan tidak ada rasa hormat terhadap film kecil. Idenya adalah Anda melakukannya karena cinta untuk membuat film yang lebih besar. Nah, bagaimana jika Anda hanya menyukai estetika film kecil tersebut? Jadi itu sulit, sebenarnya… seperti hak siar TV, hak teatrikal, Anda harus memutarnya, lalu Anda punya hak Blu-ray atau DVD, dan kemudian Anda punya hak asing. [rights], namun ada lebih banyak cara untuk membangun keuntungan Anda dan mendapatkan uang dari investor Anda, sehingga mereka akan melakukannya lagi. Semua itu hanya sekedar, lenyap secara harfiah. Itu sangat sulit.

Gambar untuk artikel berjudul Cult Auteur Larry Fessenden tentang Until Dawn, True Detective, dan Film Werewolf Barunya

Gambar: Film Langit Gelap/Pix Mata Kaca

io9: Film terbarumu, Pemadaman listrik, terasa seperti drama indie… tapi kebetulan juga merupakan kisah manusia serigala. Apa yang membuat Anda ingin membingkai cerita klasik yang menampilkan makhluk seperti itu?

Fesenden: Itulah keseluruhan pendekatan saya terhadap genre ini, yang saya sukai. Saya tumbuh besar dengan menonton film horor kuno yang menampilkan manusia serigala dan sebagainya, tetapi saya menganggapnya sangat serius. Saya peduli dengan karakternya. Karakter Larry Talbot yang diperankan oleh Lon Chaney Jr adalah karakter yang sangat pedih dan kesepian, menyedihkan banget, dengan kutukan tersebut. Namun seiring bertambahnya usia, saya bisa melihatnya [old-fashioned horror movies] agak reyot. Dan saya bertunangan dengan Scorsese dan Robert Altman serta film-film tahun 70an. Saya ingin membawa elemen kedekatan dan naturalisme ke dalam ruang genre. Saya menghargai cara Anda mendeskripsikan film saya, karena itulah yang saya lakukan: Saya benar-benar membuat film indie yang menampilkan monster di dalamnya. Menurutku, itulah caraku menjalani hidup. Selalu ada monster dalam hidupku, yaitu kematian yang mengintaiku. Saya paranoid—saya melihat dunia sebagai tempat yang sangat sulit. Bisa dibilang, ada unsur horor dalam cara saya memandang dunia, kerinduan akan keindahan, dan sebagainya. Jadi itulah hal-hal yang dilakukan film indie; mereka memiliki nuansa dan kehalusan serta perayaan momen sehari-hari secara detail. Dan jika Anda memiliki monster, itu membuatnya lebih menyenangkan.

io9: Pemadaman listrik Juga membawa tema-tema lingkungan yang ada di dalamnya Musim Dingin Terakhir. Menurut Anda apa yang membuat Anda terpesona tentang titik temu antara horor dan lingkungan?

Fesenden: Nah, apa yang lebih mengerikan dari apa yang kita lakukan terhadap planet ini? Film saya juga tentang kecanduan, alkoholisme, dan pengkhianatan diri. Dan menurut saya, lingkungan dan apa yang terus kita lakukan terhadap ruang hidup kita, serta satu sama lain, sangatlah buruk. Ini adalah hal yang mengerikan. Itu adalah pengkhianatan terhadap diri sendiri. Itu merusak diri sendiri. Kami bunuh diri dalam rencana cicilan, yang merupakan baris dari salah satu film saya. Itu adalah seorang pria yang mengatakan itu sebabnya dia merokok, tapi itulah yang dilakukan umat manusia. Saya menganggapnya sangat pribadi.

Gambar untuk artikel berjudul Cult Auteur Larry Fessenden tentang Until Dawn, True Detective, dan Film Werewolf Barunya

Gambar: Film Langit Gelap/Pix Mata Kaca

io9: Karakter utama di Pemadaman listrik baru-baru ini menjadi manusia serigala, tetapi hidupnya sudah berada di titik terendah bahkan sebelum transformasinya. Apa yang membuat Anda ingin fokus pada protagonis dalam kondisi tersebut?

Fesenden: Apa yang saya lakukan adalah membuat serangan itu menjadi hal yang menghantuinya. Dia seorang seniman, jadi dia semacam orang luar. Komunitasnya sepertinya punya masalah dengan ayahnya. Ayahnya tidak pernah memahami seninya, jadi dia hanya merasa terasing. Dan kemudian dia jelas-jelas seorang peminum, dan dia kehilangan pacarnya. Bukan hanya orang ini yang berubah menjadi manusia serigala; ibaratnya, siapa yang mengundang kegelapan ke dalam hidup mereka? Seseorang yang sudah berjuang… Cara kami merias wajah, Anda dapat melihat aktor di bawahnya. Anda tidak akan tertipu dengan mengatakan, “ini adalah makhluk mitologi yang megah.” Itu benar-benar hanya seorang pria, dengan beberapa masalah psikologis yang sangat serius. Tentunya Anda menikmati, mudah-mudahan, bahwa dia jelas-jelas adalah manusia serigala atau versi Manusia Serigala, tetapi ia mencoba mempermainkan manusia serigala dalam hidup kita, kutukan, beban.

[To me, when he’s bitten by a werewolf], itu adalah momen ketika dia menyeberang ke sisi gelap. Sepertinya, dia membiarkan kegelapan ini masuk ke dalam hidupnya. Dia sedang melukis, lalu dia mendengar suara dan dia melangkah keluar. Dia benar-benar melangkah melewati ambang pintu. Dan, dalam pikiran saya, saya selalu ingin bekerja pada tingkat metaforis dan juga secara harafiah, karena saya seperti mengatakan bahwa kehidupan penuh dengan makna, namun sebenarnya itu sepenuhnya brutal, singkat, dan tanpa makna. Tapi kami menanamkan maknanya. Jadi saya ingin mengabadikan momen di mana mitologi menyusup ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini seperti ketegangan antara kerinduan akan definisi dan mitologi, namun kehidupan sehari-hari semacam ini, kelembutan di mana Anda bertanggung jawab atas kehancuran Anda sendiri.

io9: Apakah ada proyek impian yang ingin Anda wujudkan namun belum Anda selesaikan dalam karier panjang Anda?

Fesenden: Saya ingin membuat satu lagi film monster ini. Mungkin dengan mereka semua di dalamnya. Saya tidak tahu bagaimana saya bisa melakukannya—pembiayaan dan sebagainya. Jadi kita akan lihat. Tapi lebih dari itu, saya hanya ingin mewujudkan ide itu. Dan kemudian, aku tidak tahu—[note: he says this jokingly] mungkin saya akan membuat musikal atau film Natal. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan saya tidak tahu apakah dunia peduli. Jadi saya hanya akan melihat apa yang terjadi pada saya dan apa yang mungkin terjadi. Sayangnya, ini banyak soal anggaran dan sebagainya. Saya suka membuat film. Tapi itu juga melelahkan.

Blackout – Trailer Film Resmi (2024)

Pemadaman listrik tayang di bioskop dan platform digital/VOD hari ini, 12 April.


Ingin lebih banyak berita io9? Lihat kapan Anda bisa mengharapkan kabar terbaru Keajaiban, Perang BintangDan Perjalanan Bintang rilis, apa selanjutnya untuk DC Universe di film dan TVdan semua yang perlu Anda ketahui tentang masa depan Dokter yang.